Struktur Program C++

    

    Untuk lebih memahami tentang bahasa pemrograman maka kita perlu berkenalan dengan salah satu bahas pemrograman yang sangat populer yaitu C++.  Struktur program C++ terdiri dari sejumlah blok fungsi dimana setiap blok fungsi dapat memiliki beberapa statements (pernyataan) yang akan melaksankan tugas tertentu. Secara umum, stuktur bahasa pemrograman C++ adalah seperti dibawah ini:

//contoh program C++
#include < file-header >


main()
{
    statements/pernyataan;
}

Keterangan :

//contoh program C++
  Baris ini adalah komentar. semua baris yang di awali dengan 2 garis miring(//...)akan dianggap sebagai komentar dan tidak akan berpengaruh pada program. sering digunakan oleh programer untuk menandai atau memberi penjelasan terhadap program itu. kode ini hanya membaca 1 baris saja.

#include < file-header > 
    Kalimat yang diawali dengan tanda (#) adalah preprocessor directive. Bukan merupakan baris kode yang dieksekusi, tetapi indikasi untuk kompiler. Salah satu file header yang sering digunakan adalah < iostream.h > File header ini #include < iostream.h > memberitahukan preprocessor kompiler untuk menyertakan header file standard iostream. File spesifik ini juga termasuk library deklarasi standard I/O pada C++ dan file ini disertakan karena fungsi-fungsinya akan digunakan nanti dalam program.

main (){ }
    Fungsi main merupakan titik awal dimana seluruh program C++ akan mulai dieksekusi. Diletakan diawal, ditengah atau diakhir program, isi dari fungsi main akan selalu dieksekusi pertama kali. main diikuti oleh sepasang tanda kurung () karena merupakan fungsi. pada C++, semua fungsi diikuti oleh sepasang tanda kurung () dimana, dapat berisi argumen didalamnya. Isi dari fungsi main selanjutnya akan mengikuti,berupa deklarasi formal dan dituliskan diantara kurung kurawal ({}), seperti dalam contoh.

Contoh Program "Selamat Belajar C++":

//contoh program sederhana
#include < iostream.h >
#include < conio.h >

main()
{
    cout<<”Selamat Belajar C++”;
    getch();
}

Output :


Keterangan :

#include < iostream.h >
    iostream.h adalah suatu header file. File ini mengandung Input/Output yang umumnya hanya berisi cin dan cout saja. Karena dalam program diatas kita meggunakan fungi cin maka file header iostream.hharus dipanggil terlebih dahulu.

cin<<”Selamat Belajar C++”;
    Fungsi cin kita gunakan untuk menampilkan karakter(string) ke layar. Dalam contoh program diatas fungi cin akan menampilkan tulisakan “Selamat Belajar C++” ke layar monitor.

#include < conio.h >
    conio.h adalah berkas header pada bahasa pemrograman C yang kebanyakan digunakan pada compiler berbasis MS-DOS untuk membuat antarmuka konsol. Karena dalam program diatas kita meggunakan fungi getch()maka file header conio.h harus dipanggil terlebih dahulu. Fungsi getch()kita gunakan untuk mengkonsidikan program supaya tidak langsung ditutup setalah dijalankan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Struktur Program C++"

Post a Comment