Pengertian Variabel Array

   Array adalah tipe data yang dapat menampung sejumlah elemen dengan tipe data yang sama. Pengaksesan elemen array dapat dilakukan dengan menyebutkan nama array dan indeks atau nomor elemennya. Dalam pemrograman array dapat dibedakan menjadi array berdimensi satu dan array berdimensi banyak (multidimensi).


   Array juga dapat diartikan sebagai tumpukan variabel yang sejenis dan memiliki nama yang sama. Konsep suatu array menjadikan tumpukan variabel tersebut mampu menampung nilai yang berbeda asalkan tetap dengan tipe yang sama dengan tipe array. Sintaks penulisan array adalah sebagai berikut: 
tipe nama_array[elemen];


   Tipe array merupakan tipe data tumpukan variabel tersebut, sedangkan nama_array adalah nama tumpukan variabel. Untuk elemen atau indeks, merupakn pembeda yang membedakan tumpukan variabel yang satu dengan yang lainnya dalam satu array, karena di awal sudah dijelaskan bahwa array memiliki nama dan jenis yang sama namun pembendanya terletak di indeks atau elemen itu sendiri.
Berikut contoh cara mendeklarasikan suatu array:

int tampungan[5];

Pada contoh diatas, dibuat array dengan nama tampungan bertipe data integer dimana array ini dapat menampung nilai sebanyak 5 buah. Masing-masing nilai yang dimasukkan akan diberikan nomor elemen atau indeks dari elemen ‘0’ hingga ‘4’. Yang perlu di ingat bahwa, penomoran elemen pada array dimulai dari angka ‘0’

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Variabel Array"

Post a Comment