Pengertian Fungsi Sistem Operasi


Sistem operasi memiliki peranan penting saat ini dalam mendukung perkembangan teknologi informasi. ini karena hampir semua aplikasi yang dikembangkan saat ini berjalan diatas sistem operasi, Sistem operasi merupakan sebuah program yang mengendalikan semua fungsi yang ada pada komputer. Sistem operasi menjadi basis landasan pengembangan aplikasi untuk user. Secara umum semua sistem operasi memiliki empat fungsi berikut. 
  -  Pengendalian akses terhadap berbagai perangkat keras yang terhubung ke        komputer (Manajemen perangkat keras). 
  -  Pengelolaan file dan folder (Manajemen file dan folder)
  -  Penyediaan user interfaces sebagai jembatan antar user dengan perangkat        keras komputer (Manajemen  Interaksi User)
  -  Pengelolaan aplikasi user (Manajemen Aplikasi)


Manajemen Perangkat Keras

Akses terhadap berbagai perangkat keras yang terhubung pada komputer disediakan oleh sistem operasi melalui suatu aplikasi yang dikenal dengan istilah driver, Setiap driver dibuat untuk mengendalikan satu perangkat keras.

Instalasi aplikasi driver ini dilakukan sendiri sistem operasi pada saat instalasi ataupun waktu perangkat keras dihubungkan ke komputer. Mekanisme instalasi secara otomatis saat perangkat dihubungkan, ini dikenal dengan istilah plug and play (PnP).



  • Untuk Manajemen file dan folder, klik disini
  • Untuk Manajemen Interaksi, klik disini 
  • Untuk Manajemen Aplikasi, klik disini
          




Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Fungsi Sistem Operasi "

Post a Comment